Menjelajah Nikmatnya Makanan India di Kaivalya

KOMPASfemale
KOMPASfemale
Menjelajah Nikmatnya Makanan India di Kaivalya
Dec 21st 2011, 05:16

KOMPAS.com - Rasanya hampir semua makanan internasional sudah bisa dinikmati di Jakarta. Salah satu makanan yang bisa Anda nikmati adalah makanan India di Kaivalya restoran.

Ada sekitar 70 jenis makanan khas India yang bisa dinikmati misalnya Pappadum masala, Onion bhaji, lamb curry, cheese naan, biryani rice sampai vegetable dosa. Masakan India yang dihadirkan di tempat ini adalah masakan ala India Selatan dan India Utara.

Salah satu kendala mengapa masakan India kurang populer di Indonesia adalah karena stereotip bahwa masakan India identik dengan domba dan terlalu banyak mengandung rempah. Padahal, tak semua masakan India menggunakan bahan tersebut. Padahal, masakan India juga menggunakan ayam, bahkan sayuran, sehingga cocok untuk Anda yang vegetarian atau yang sedang menjaga berat badan. Meski memang, masakan India identik dengan bumbu wajib ini, garam masala dan bawang masala.

"Selain menyajikan masakan India, restoran ini juga memfasilitasi mereka yang tidak suka makanan India dengan menikmati jenis makanan lainnya seperti makanan Indonesia dan Chinese," ungkap Vivanti Ayu Damarsasi, pemilik Kaivalya restoran kepada Kompas Female dalam acara pembukaan Kaivalya, di Pejaten, Sabtu (17/12/2011).

Untuk mempertahankan keotentikan rasa India-nya, Vivanti sengaja mengimpor bumbu-bumbu dapur sampai bahan baku khas India seperti beras basmati sampai kapool India. "Untuk proses memasaknya pun menggunakan tandoor agar citarasa Indianya kental," tambahnya.

Uniknya, restoran ini mengusung konsep open kitchen agar semua pelanggan ini bisa melihat proses pembuatan masakan India dengan menggunakan tandoor tanah liat dengan suhu 300 derajat Celcius.

"Agar bisa disantap oleh semua masyarakat, maka kami memodifikasi sedikit citarasa India ini agar bisa diterima semua lidah. Dan kami juga tidak menggunakan MSG," tambahnya.

Jika pada umumnya restoran India mematok harga tinggi, berbeda dengan Kaivalya.  Kisaran harga di restoran ini mulai dari Rp 15.000 - 65.000 saja. "Sebagian besar pelanggan yang datang adalah Chinese dan Eropa. Mereka suka dengan citarasanya yang khas," ungkap Vivanti.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post