Olahraga Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Olahraga Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara
Dec 19th 2011, 03:14

Senin, 19 Desember 2011 | 09:39 WIB

TEMPO.CO,- Para wanita aktif yang rajin berolahraga memperoleh dua keuntungan, yakni peluang terkena kanker payudara menurun drastis dan jika pun terkena, peluang untuk meninggal akibat penyakit ini pun turun tajam hingga 40 persen.

Penelitian terbaru yoleh tim dari University of North California ini juga menemukan  wanita yang memasukkan aktivitas olahraga ringan dalam gaya hidup mereka, bisa meningkatkan peluang untuk bertahan dari kanker payudara – jika mereka didiagnosis terkena penyakit ini.

Studi ini berawal pada akhir 90-an, yakni mengevaluasi kebiasaan berolah raga dari 1.508 wanita yang menderita penyakit kanker. Setelah lima tahun, para peneliti menelusuri kembali para wanita tersebut untuk melihat jumlah yang meninggal akibat penyakit tersebut dan mereka yang bertahan.

Ternyata, ditemukan bahwa para wanita yang secara rutin melakukan olah raga sejak masa puber hingga usia dewasa, berpeluang 36 persen lebih rendah untuk meninggal akibat kanker dibandingkan mereka yang tak pernah berolah raga.

Para peneliti yang melakukan studi yang dipublikasikan di "European Journal of Cancer Prevention" yakin bahwa olahraga membantu untuk menciptakan sistem kekebalan tubuh yang kemudian membantu untuk membunuh sel kanker.

"Studi ini memberikan bukti bahwa aktivitas fisik secara rutin, sebelum terdiagnosis kanker payudara, meningkatkan peluang untuk bertahan hidup," kata seorang peneliti seperti dikutip laman Huffington Post edisi 16 Desember 2011.

Di Inggris, sekitar 48 ribu wanita didiagnosis dengan kanker payudara dan rata-rata 12 ribu orang di antaranya meninggal akibat penyakit tersebut. Satu dari sembilan wanita di Inggris juga berpeluang terkena penyakit kanker payudara dalam hidupnya.

Selain melakukan olahraga rutin, mengkonsumsi makanan sehat juga terbukti membantu untuk menurunkan risiko terkena penyakit kanker.

HUFFINGTON POST | ARBA'IYAH SATRIANI

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post