Tips Mencukur Bulu Kaki

Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Tips Mencukur Bulu Kaki
Dec 11th 2011, 03:46

Liputan6.com, Los Angeles: Bulu halus yang tumbuh di kaki Anda terkadang membuat penampilan jadi tidak menarik. Untuk menghilangkannya, Anda sering mencukurnya. Namun beredar mitos yang menjelaskan bahwa jika mencukur bulu kaki akan membuat bulu yang tumbuh menjadi lebih lebat dan banyak. Benarkah itu?

Ternyata hal itu tidak benar. Mencukur bulu kaki tidak akan mempengaruhi pertumbuhannya. Sebeuah penelitian yang dilakukan Fakultas Kedokteran Universitas California, Amerika Serikat, menemukan jika mencukur bulu yang tumbuh di lapisan kulit tidak akan membuat tumbuh lebih lebat. Berdasarkan fakta dari data penelitian tahun 1970 mengungkapkan rutinitas mencukur rambut tubuh berlebih sepekan sekali tidak mempengaruhi pertumbuhan rambut dan tekstur.

Jessica Wu, MD, seorang dermatologis, berargumen bahwa bulu yang tumbuh lebih tebal mungkin timbul akibat pisau cukur yang membuat rambut tidak hilang dari akar. Itu malah membuat bulu tampak lebih kasar dan tebal. Sementara itu, saat dicukur akar, bulu akan tumbuh secara alami dengan sehingga terlihat tipis.

"Yang benar-benar menentukan ketebalan dari folikel rambut adalah ukuran dimana rambut tumbuh. Para melanosit (sel yang memproduksi melanin, pigmen yang warna rambut dan kulit) adalah determinan dari tingkat kegelapan rambut," ungkap Jessica.

Untuk mendapatkan hasil cukur yang halus, Jessica memberikan tips berikut:

* Gunakan pisau cukur yang tajam dan bersih. Jika perlu ganti dengan pisau baru setiap waktu untuk memastikan ketajaman yang sempurna. Hindari menggunakan pisau cukur berkarat. * Gunakan gel pelembab atau krim untuk melumasi rambut, sehingga tidak menghasilkan potongan kasar. * Untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pisau cukur, jangan lupa mencuci di antara sesi pencukuran. * Setelah kulit bebas rambut, jangan lupa untuk selalu menggunakan lotion setelah mandi untuk menjaga kelembutannya.

Selain mencukur, metode lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan bulu kaki adalah waxing dan threading. Dua metode ini membuat bulu dihilangkan langsung dari akar. Selain pertumbuhannya lebih halus, rambut akan berhenti tumbuh kembali pada kulit lagi.(IAN/medicmagic)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post