Awali 2012 dengan Resolusi Menu Makan Sehat  

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Awali 2012 dengan Resolusi Menu Makan Sehat  
Jan 2nd 2012, 05:52

Senin, 02 Januari 2012 | 11:54 WIB

TEMPO.CO - Mengawali tahun 2012, banyak orang melakukan resolusi tujuan hidupnya. Salah satu hal penting yang patut dilakukan adalah memperhatikan menu makan untuk menunjang kesehatan. Sebelum melanjutkan lebih banyak aktivitas, ada baiknya memperhatikan pilihan menu makan berikut.

Berat badan hampir selalu menjadi masalah bagi banyak orang. Berbagai cara dilakukan untuk mengurangi lemak. Mengkonsumsi buah atau jus semangka dapat dijadikan pilihan. Selain harganya yang tidak mahal, semangka mengandung Vitamin C, A, dan B6. Dengan kandungan yang bebas lemak tersebut, buah ini dianjurkan bagi yang sedang berdiet. Manfaat lain adalah kandungan lycopene yang dapat mencegah kanker, khususnya kanker prostat. Selain itu, lycopene membantu cara kerja arteri yang memberikan efek positif bagi jantung.

Gangguan pada paru-paru dapat menjadi penyakit serius penyebab kematian. Brokoli adalah sayuran yang baik untuk mencegah gangguan pada paru-paru. Isothiocyanates adalah kandungan yang terdapat dalam brokoli yang bisa menurunkan risiko kanker paru-paru hingga 30 persen bagi non-perokok. Bahkan bagi perokok dapat menurunkan risiko hingga 69 persen.

Mulailah mengganti kebiasaan mengkonsumsi daging merah dengan biji-bijian, kacang-kacangan, dan ikan. Daging merah berpotensi tinggi menjadi penyebab diabetes. Penelitian University of Harvard membuktikan, dengan mengkonsumsi 50 gram daging merah terutama olahan setiap harinya, sama dengan meningkatkan diabetes sebanyak 51 persen. Perlu diingat, 50 gram daging merah setara dengan satu potong sosis.

Pencegahan penyakit jantung juga dapat dilakukan dengan konsumsi telur yang seimbang. Telur memiliki kandungan antioksidan yang paling tinggi. Jumlah kandungan antioksidan pada dua kuning telur melebihi antioksidan pada sebuah apel. Telur dapat dikatakan sebagai bentuk makanan yang paling sempurna. Sebab, telur kaya akan kandungan protein, lipid, dan mineral.

TIMES OF MALTA | SATWIKA MOVEMENTI

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post