Delapan Pertanda Pendaki Status Sosial

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Delapan Pertanda Pendaki Status Sosial
Jan 9th 2012, 04:46

Senin, 09 Januari 2012 | 10:48 WIB

TEMPO.CO - Berteman memang tidak selamanya mulus, ada yang tulus membantu, ada pula yang diam-diam memanfaatkan. Bagi seorang social climber atau orang yang berambisi menjadi selebriti dadakan, mereka tak segan-segan memanfaatkan pertemanan untuk meningkatkan status mereka.

Memang tidak semua pencari status sosial ini "makan" teman. Tetapi paling tidak Anda bisa mendeteksinya dengan delapan pertanda berikut.

Dia adalah pengejar status. Seseorang yang hanya mau berteman berdasarkan siapa yang dikenal temannya dan siapa saja yang mengenal teman tersebut.

Dia adalah pencari "nama". Dia tak henti-hentinya menyadarkan kamu betapa pentingnya menjadi terkenal dan punya nama. Dia ingin tahu orang-orang yang kamu kenal dan siapa tahu orang tersebut bisa menaikkan statusnya.

Dia sangat peduli dengan penampilan. Pribadi ini melakukan upaya serius untuk mengubah penampilan yang layak dan memastikan bahwa teman-temannya juga berpakaian yang pantas. Biasanya dia juga acap memamerkan busana-busana atau aksesori dari label terkenal.

Dia adalah pemburu gelap teman orang lain. Jika kamu mengenalkan orang ini ke lingkungan Anda, maka dia akan membajak pertemanan kalian untuk membuat dia terlihat lebih penting ketimbang kamu.

Dia suka memanfaatkan. Dia suka memanfaatkan koneksi kamu untuk keuntungan pribadi. Intensitas dan ketekunan membangun hubungan dengan koneksi kamu bisa melebihi batas dari apa yang disebut jejaring sosial yang layak.

Dia kurang berempati. Biasanya si pencari status sosial ini tidak memahami kamu atau teman-temannya terlalu akrab. Soalnya dia cenderung narsis dan hanya peduli terhadap diri sendiri.

Dia tidak dapat diandalkan. Dia akan menunggu hingga detik terakhir untuk memastikan atau membatalkan sebuah undangan. Yang ternyata alasannya adalah menunggu undangan yang jauh lebih baik.

Dia adalah Ratu Lebah. Dia mengontrol kehidupan sosial di lingkungan kamu dan tak segan-segan untuk membuang, mengganti, dan mengucilkan seorang teman.

Apakah kamu punya pengalaman yang sama? Atau ada yang terlewat? Paling tidak ciri-ciri di atas sudah mewakili si pendaki status sosial

PSYCHOLOGYTODAY.COM | DIANING SARI

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post