Menggosok Gigi dapat Mencegah Pnemonia  

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Menggosok Gigi dapat Mencegah Pnemonia  
Jan 2nd 2012, 05:52

Senin, 02 Januari 2012 | 11:27 WIB

TEMPO.CO, Boston - Jangan sepelekan menggosok gigi dengan benar dan teratur. Pasalnya, aktivitas yang baik ini tidak hanya mencegah Anda dari sakit gigi dan gusi, tapi juga berpotensi meminimalkan risiko terkena pnemonia atau radang paru-paru.

Tim peneliti dari Sekolah Kedokteran di Universitas Yale di Boston, Massachussetts, Amerika Serikat, yang mengungkapkan hal ini. Penelitian mereka terhadap 37 relawan yang merupakan pasien pnemonia menemukan bahwa perubahan signifikan dalam komposisi bakteri di mulut pasien mengawali berkembangnya peradangan paru-paru.

Termasuk dalam relawan ini adalah 19 orang dewasa sehat dengan usia rata-rata 60 tahun. Sisanya merupakan mereka yang berkait dengan radang paru-paru, termasuk 10 orang (usia rata-rata 86 tahun) yang dirawat di rumah dan delapan pasien (usia rata-rata 51 tahun) di unit perawatan intensif di rumah sakit.

"Temuan kami bisa meningkatkan cara untuk mencegah pnemonia di masa depan dengan menjaga kondisi bakteri yang hidup di mulut kita," ujar Samit Joshi, kepala tim peneliti, kepada ELS Global Medical News. Penelitian Johsi dan timnya ini dipublikasikan dalam pertemuan tahunan "Infectious Diseases Society of America ke-49" di Boston, Massachussetts, Amerika Serikat, baru-baru ini.

Meskipun dibutuhkan penelitian lanjutan, British Dental Health Foundation mengatakan bahwa penelitian mutakhir ini bukan yang pertama mengaitkan antara buruknya kesehatan mulut dengan penyakit infeksi pernapasan. Infeksi bakteri ke paru-paru diyakini disebabkan oleh terhirupnya bakteri yang sangat halus itu dari tenggorokan dan mulut ke dalam paru-paru.

Menurut Nigel Carter, Direktur Eksekutif British Dental Health Foundation, temuan ini memperkuat keyakinan bahwa merawat gigi dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Carter menambahkan bahwa dokter gigi merekomendasikan untuk menggosok gigi dua kali sehari selama dua menit menggunakan pasta gigi yang mengandung floride. Selain itu disarankan juga membersihkan gigi setiap hari dengan sikat gigi atau benang gigi, serta menghindari makanan yang banyak mengandung gula.

DAILYMAIL | DODY HIDAYAT

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post