[X]

Ajak Anak Menabung Sambil Bermain

Ibu dan Anak - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Ajak Anak Menabung Sambil Bermain
May 31st 2013, 09:11

KOMPAS.com - Orangtua punya peran penting untuk mengajarkan anak soal uang dan pengelolaan uang termasuk menabung. Banyak pilihan caranya, namun yang utama komunikasi selain ketelatenan orangtua juga kreativitas untuk mengenalkan anak mengenai perencanaan keuangan dengan cara dan bahasa yang sederhana.

Pembawa acara bernama lengkap Veronica Felicia Kumala atau akrab disapa Cici Panda punya cara yang boleh saja Anda coba. Cici Panda mengaku tak sengaja mengenalkan apa itu uang dan mengajarkan menabung pada putrinya, Alika Annabelle Pandrya.

"Waktu itu tidak sengaja mengenalkan uang dan menabung ke anak. Anak tanya apa itu uang dan untuk apa. Saya jelaskan, uang untuk belanja juga untuk menabung. Menabung untuk apa? tanyanya lagi. Menabung untuk sekolah, saya bilang. Panjang memang jadinya, tapi dari situ lah anak mulai menabung di celengan," ungkap Cici Panda seusai peluncuran buku Make It Happen! karya perencana keuangan Prita Ghozie di Jakarta, Kamis (30/5/2013).

Berkat penjelasan panjang lebar dan komunikasi dua arah ibu-anak, kini Alika pun rajin menyisihkan uang untuk mengisi celengan. "Harus orangtuanya yang memotivasi anak supaya anak tertarik menabung,"tuturnya.

Cici Panda mengatakan, anak batita sebenarnya bisa dan mau menabung bukan karena ia memahami apa itu tabungan dan untuk apa ia menabung. Menabung bagi batita seperti bermain. Memasukkan uang ke dalam celengan menjadi permainan menarik bagi batita.

"Alika senang memasukkan uang ke celengan, karena begitu uang masuk ada bunyinya, lalu kalau sudah mulai banyak celengan menjadi berat. Dia juga bisa menggoyang-goyangkan celengannya dan menimbulkan suara. Buatnya ini jadi hiburan dan permainan," jelasnya.

Bagaimana dengan Anda dan si kecil? Cara apa yang Anda gunakan untuk lebih menghargai uang dengan mengajaknya menabung?

Editor :

wawa

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

KOTAK PENCARIAN:

Artikel Keseluruhan

ads1