Kapan Bisa Berbelanja untuk Memanjakan Diri?

KOMPASfemale
KOMPASfemale
Kapan Bisa Berbelanja untuk Memanjakan Diri?
Sep 13th 2011, 05:15

KOMPAS.com - Banyak wanita yang selalu merasa bersalah ketika membelanjakan uangnya untuk berbagai keperluan pribadi. Anda pun berusaha memilih barang yang semurah-murahnya, dan membeli barang-barang yang benar-benar dibutuhkan saja.

Namun, tahukah Anda bahwa dengan melakukan ini, Anda justru melewatkan kesenangan dari berbelanja, dan bahkan Anda jadi tertekan ketika berbelanja? Gayle Rose Martinez, seorang ahli finansial dan penulis buku Money and Me, mengatakan bahwa sifat Anda berhemat yang berlebihan ini setara dengan bentuk pengamanan diri.

"Hemat merupakan salah satu sifat alami manusia. Semua manusia punya sifat ini, namun tidak semua orang mau mengikuti naluri tersebut. Hal inilah yang akhirnya menggolongkan orang pada sifat hemat, pelit, dan boros," ungkap Martinez.

Orang yang cenderung pemilih untuk berbelanja seperlunya biasanya dibesarkan dalam keluarga yang hemat dan sejak kecil diajarkan untuk mengelola uang sendiri. Tak heran Anda akan selalu dibayangi perasaan bersalah ketika Anda membelanjakan uang hanya untuk bersenang-senang. Sebenarnya, Anda bisa mengatur keseimbangan di antara belanja untuk hemat. Sesekali tak salah kok, kalau Anda membeli beberapa barang kesukaan Anda dan sedikit menikmati hasil kerja keras Anda sendiri.

Bagaimana agar keseimbangan tersebut bisa dicapai? Dalam bukunya, Martinez merekomendasikan untuk menyisihkan uang dalam jumlah tertentu setiap bulannya untuk ditabung. Dari jumlah uang yang tersisa, sisihkan sedikit uang tunai untuk membeli barang-barang yang Anda inginkan. Misalnya, membeli sepatu yang Anda idam-idamkan, bersantap di restoran fine dining, atau hangout bersama teman-teman.

Awalnya mungkin memang sangat sulit untuk "membahagiakan" diri sendiri dengan hal ini. Namun, bebaskan diri Anda dari perasaan bersalah karena Anda juga punya hak untuk menikmati upah jerih payah Anda selama bekerja. Asalkan, dilakukan dengan aturan yang benar. "Lama-kelamaan Anda akan sangat menikmati hal ini, karena Anda berhasil menghargai diri sendiri. Terkadang uang mungkin membantu Anda menyadari bahwa kadang-kadang boleh kok kalau ingin bersenang-senang," ungkap Martinez.

Memanjakan dan menghargai diri sendiri secara tak langsung juga membuat Anda semakin semangat bekerja, dan tidak stres karena harus memenuhi tuntutan rumah tangga saja.

Sent from Indosat BlackBerry powered by

Sumber: Whole Living

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post