Makeup Experts II

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Makeup Experts II
Oct 26th 2011, 05:00

Campur tangan makeup artist dalam mengubah penampilan seseorang menjadi cantik, unik, dan luar biasa, sangat dibutuhkan untuk menambah 'nyawa' dalam foto majalah, wedding, teater, maupun film.

KapanLagi.com - Husein Yunior

Sebagai freelance makeup artist, ia telah banyak bekerja sama dengan beberapa majalah seperti Cosmopolitan, Bazaar, Amica dan banyak lainnya. Kekuatannya dalam menciptakan editorial makeup yang sempurna ini, membuat salah satu majalah fashion Indonesia menobatkannya sebagai Young and Talented Makeup Artist of The Year. Impressive record for a young talent!

Apa yang Anda perhatikan ketika mengoreksi wajah dengan makeup?

Saya akan memperhatikan bagian dari wajah yang perlu dikoreksi. Tentunya harus dilihat secara keseluruhan, baik dari bentuk wajah, mata, dan hidung. Makeup Anda harus bisa membuat wajah tampak lebih seimbang.

Teknik makeup apa saja yang perlu didalami oleh makeup artist?

Teknik shading dan highlight, tetapi jangan berlebihan. Banyak aplikasi makeup yang berlebihan dalam memberi shading di area hidung maupun tulang pipi. Sedangkan makeover yang benar adlah bila wajah klien terlihat natural seperti aslinya.

Apa salah satu kesalahan umum yang cukup fatal ketika mengaplikasikan makeup?

Seringkali saya menemukan orang salah dalam memilih foundation. Banyak yang memakai foundation lebih putih dari kulit aslinya. Salahnya lagi, mereka hanya mengaplikasikannya di wajah saja tanpa memerhatikan area leher. Jadinya, wajah tampak seperti topeng. Sebaiknya, cocokkan warna foundation dengan warna kulit di bagian leher dan juga lengan. Dengan cara ini, rona foundation akan berbaur seperti kulit kedua Anda.

Apakah warna makeup sangat berpengaruh dalam mengubah wajah seseorang?

Ya, warna sangat memengaruhi wajah seseorang. Wanita yang berkulit putih biasanya lebih cocok menggunakan warna palet apapun. Namun wanita yang berkulit gelap harus lebih berhati-hati dalam memilih warna, khususnya warna foundation. Untuk amannya, gunakan pula eye shadow dengan karakter warna seperti cokelat, emas, atau tembaga, yang tentunya cantik bagi Anda yang berkulit gelap.

Makeover seperti apa yang biasa diminta oleh klien Anda?

Pastinya mereka ingin terlihat lebih cantik dan berbeda (manglingi). Tetapi saran saya, sebaiknya tidak mengubah wajah Anda jadi berbeda, namun lebih menonjolkan kelebihannya dengan menutup kekurangan yang ada. Contohnya memperbaiki bentuk mata kecil tanpa lipatan mata. Dengan permainan eyeliner dan bulu mata palsu, mata menjadi lebih besar dan ekspresif. Menurut saya, pastinya seorang makeup artist tidak akan membuat kliennya jadi tidak menarik.

Untuk print ad atau TVC, makeup seperti apa yang klien sukai?

Semakin hari, tren makeup semakin simpel dan minimalis. Tetapi semua tergantung dari konsep yang diinginkan klien. Biasanya untuk produk kecantikan, klien ingin look dari model tampak cantik namun natural. Tetapi untuk karakter tertentu, mereka minta makeup yang dapat menonjolkan kesan lebih tua, tegas, ataupun galak.

Kumalasari Tanara

Melihat Sari, Anda pasti setuju bila Cosmo menyebutnya sebagai fun fearless female sejati. Not just for her beauty, namun juga keahliannya dalam menciptakan special effect makeup ini memang luar biasa. Penggila film horor seperti Rumah Dara dan Pengantin Topeng, pasti dibuat terpana oleh efek blood bath ciptaannya. Langkah Sari dalam mendalami teknik makeup sinema, menjadikannya sebagai makeup artist muda yang mendominasi special effect makeup di Indonesia.

Apa yang membuat Anda tertarik pada spesial effect makeup?

Saya bisa berkreasi dengan kemungkinan yang tidak terbatas dan menciptakan makeup karakter dengan tingkat kesulitan dan keunikan tersendiri.

Dalam film horor, Anda banyak menggunakan makeup prostetik. Apa keunikan dari makeup ini?

Saya bisa benar-benar mengubah bentuk wajah orang secara total. Misalnya, membuat wajah tampak lebih tua, menambahkan struktur tulang, bahkan menambahkan organ tubuh lain yang tak terbayangkan sebelumnya. Makeup prostetik merupakan bentuk nyata dari imajinasi Anda.

Produk makeup apa saja yang Anda gunakan untuk membuat efek darah atau efek khusus lainnya?

Saya menggunakan bermacam-macam produk, di antaranya ada yang saya ciptakan sendiri. Untuk darah, bahan dasarnya merupakan gabungan dari makeup, dan juga bahan makanan.

Di mana Anda mendalami makeup khusus untuk sinema?

Saya mengambil master Makeup Program di Cinema Makeup School, Los Angeles, Amerika. Di sana saya diajarkan mengenai sejarah makeup, berbagai cara untuk membuat luka, beard appliacne, prosthetic, character making, sampai makeup untuk beauty photoshoot, avant garde makeup dan juga rambut.

Makeup untuk karakter film apa yang menjadi favorit Anda?

The Pale Man (child eating monster) dalam film Pan's Labyrinth karya Guillermo del Torro. Menurut saya, itu adalah suatu karakter yang luar biasa. Saya terhanyut dengan imajinasi yang diciptakan oleh David Marti, dan Arhen Tuiten (specil effect makeup artist).

Selain untuk film, Anda juga mengerjakan editorial dan commercial makeup. Apa perbedaan dari ketiga makeup tersebut?

Makeup untuk film fungsinya untuk menonjolkan karakter sesuai dengan cerita. Editorial makeup bentuknya lebih ke beauty makeup, dengan adanya kerja sama antara beauty editor atau fashion stylist untuk mewujudkan tema dan tren yang akan ditampilkan di edisi majalah tersebut. Sedangkan commercial makeup itu berfungsi untuk menciptakan daya tarik lebih, sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk yang diiklankan.

Di film Rumah Dara, ada adegan kepala Mike Muliadro terpotong. Bagaimana cara Anda membuat potongan kepala yang begitu identik dengan wajah si aktor?

Awalnya saya akan membuat cetakan patung dari kepala asli Mike dengan menggunakan resin. Lalu isi cetakan kepala tersebut diisi dengan silikon. Kepala yang sudah jadi akan ditambahkan detail seperti bola mata, alis, bulu mata, rambut, dan hal lain sebagai finishing touch. Proses ini yang sebenarnya sulit dan banyak memakan waktu. (Cosmo/bee)

Source: Cosmopolitan Edisi September 2011, Halaman 192

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post