Agar 'Make Up' Terlihat Lebih Muda  

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Agar 'Make Up' Terlihat Lebih Muda  
Oct 26th 2011, 06:59

TEMPO Interaktif, Jakarta - Banyak wanita ingin menyembunyikan kerutan di wajah. Namun para ahli mengingatkan agar para wanita berhati-hati saat mengenakan make up untuk menyamarkan garis di wajah saat tersenyum atau kerutan di dekat mata.

Bagi sebagian wanita, sangat sulit menyembunyikan garis-garis tersebut tanpa make up yang tebal hingga menyerupai topeng. Karena itu, cara terbaik untuk terlihat lebih muda adalah mengenakan pelembap yang sewarna dengan kulit wajah, gunakan foundation (dasar) yang tepat, taburkan sedikit bedak, dan pulaskan blush on dengan hati-hati. Selain itu, Anda perlu ingat bahwa tidak semua garis tipis di wajah harus ditutup.

Heike M. Falkenstein, seorang penata rias dari Jerman, menyarankan agar wanita berias secara hati-hati dan bijaksana, sehingga penampilan mereka terlihat modis. "Semakin bertambah usia wanita, semakin tidak menarik jika ia memakai make up 'berat' atau tebal," kata Falkenstein. Sebagai contoh, kata dia, bisa saja seorang wanita mengenakan make up untuk mempertegas matanya, tapi tidak menggunakan eyeliner berwarna hitam pekat.

Falkenstein juga menyarankan agar wanita berusia lebih tua berhati-hati dalam memulaskan lipstik mereka. "Pada usia tertentu, garis bibir mengembangkan garis-garis halus yang mengendap menjadi lipstik," kata dia. Karena itu, dia melanjutkan, semakin gelap warna lipstik, akan semakin bagus efeknya pada bibir.

Para wanita juga harus membersihkan kulit mereka dan mengenakan pelembap sebelum mengenakan make up. Pasalnya, make up terbaik pun hanya akan terlihat bagus setengahnya jika kulit tidak dibersihkan dulu. "Foundation tidak boleh digunakan pada kulit yang kering karena pigmen warna pada foundation akan menempel pada sel kulit yang mati," ujar Falkenstein.

Karena itu, yang penting bukan hanya pelembap, tapi juga kandungan minyak dalam foundation tersebut. "Pelembap dengan kadar minyak yang cukup membantu kulit mendapatkan kembali kelembapannya," kata dia.

Menurut Peter Schmidinger, seorang pakar kosmetik dari asosiasi kosmetik Jerman, foundation harus dipulaskan secara hati-hati pada wajah dan bukan sekadar mengoleskannya. Ia merekomendasikan produk yang menyerupai pigmen kulit dan mengikuti gerakan wajah sehingga tidak menetap pada kerutan.

Para wanita dengan masalah ringan di kulit sebaiknya mengenakan foundation cair. Sementara mereka yang mempunyai masalah lebih serius di kulitnya sebaiknya mengenakan bedak padat yang lebih baik dalam mengatasi problem di area yang bermasalah, ungkap Schmidinger. "Foundation dan bedak dengan pigmen yang memantulkan cahaya sangat bagus dampaknya pada wajah," kata dia.

Sedangkan menurut Gabriela Herzig, pakar kosmetik dari Berlin, jangan gunakan foundation terlalu tebal karena justru akan meninggalkan bintik-bintik pada wajah. Dia menyarankan produk-produk yang tidak mengandung minyak berlebih, sehingga tidak meninggalkan kilatan di wajah. Selanjutnya, kata Schmidinger, wajah disapu dengan bedak yang mencerahkan, sehingga kulit terlihat semulus porselen.

Area di dekat mata yang umumnya merupakan daerah pertama yang menunjukkan kerutan bisa dipercerah dengan sebuah concealer atau krim pencerah. Lebih lanjut Schmidinger mengatakan, dengan teknik yang tepat, wanita tidak memerlukan banyak make up untuk terlihat menawan. "Umumnya hanya tiga langkah yang penting untuk membuat wajah terlihat harmonis dan ekspresif," kata dia. "Percerah kulit, kenakan blush on, dan rapikan garis alis."

Sementara Falkenstein mengingatkan untuk tidak memilih produk yang mahal semata. Ia menyarankan agar wanita menemui analis profesional khusus kulit untuk memastikan jenis kulit dan produk yang cocok untuk dikenakan. "Seorang analis kulit bisa membantu mengevaluasi seberapa berminyaknya kulit kita dan kemampuannya untuk menyerap pelembap serta proses pengelupasan kulit," ujar dia.

SYDNEY MORNING HERALD | ARBA'IYAH SATRIANI

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post