Makan Ikan Bisa Panjang Umur  

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Makan Ikan Bisa Panjang Umur  
Nov 15th 2011, 04:23

TEMPO Interaktif, Sumenep - Bupati Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Busyro Karim mengatakan mengkonsumsi banyak ikan bisa memperpanjangkan angka harapan hidup. Di Jepang, kata dia, tingkat konsumsi ikan warganya sangat tinggi mencapai 140 ton per kapita per tahun. "Ternyata angka harapan hidup di Jepang pun sangat tinggi. Laki-laki bisa 83 tahun, perempuan bisa 73 tahun," kata dia, Senin malam, 14 November 2011.

Selain itu, kata Busyro, mengkonsums ikan bisa menyehatkan, mencerdaskan anak, bahkan bila mengkonsumsi ikan minimal 30 gram per hari mampu menekan risiko kematian akibat serangan jantung hingga 50 persen.

Melihat berbagai mamfaat tersebut. Bupati Sumenep Busyro Karim membentuk Forikan atau Forum Peningkatan Konsumsi Ikan, Senin malam. Forikan diharapkan mampu meningkatkan daya konsumsi ikan di Sumenep yang saat ini masih 28 kilogram per kapita per tahun atau masih di bawah angka konsumsi ikan nasional sebanyak 30 kilogram per tahun.

"Tapi untuk tingkat Jawa Timur konsumsi ikan di Sumenep masih tinggi dibanding daerah lain yang hanya 19 kilogram per kapita per tahun," ujar dia.

Dengan adanya Forikan, Busyro yakin ikan bisa menjadi lauk primadona di masyarakat. Apalagi potensi ikan di Sumenep sangat tinggi karena 20 dari 28 kecamatan merupakan wilayah pesisir yang mayoritas warganya menjadi nelayan. "Harusnya konsumsi ikan kita sangat tinggi," tutur dia.

Sementara itu Ketua Umum Forikan Sumenep, Wafiqah Jamilah, mengungkapkan dengan meningkatnya konsumsi ikan maka meningkatkan pula perekonomian nelayan yang selama ini terpuruk. "Kami sudah siapkan programnya," kata dia.

MUSTHOFA BISRI

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post