Anak Ogah Makan Sayur? Coba Tips ini

Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Anak Ogah Makan Sayur? Coba Tips ini
Dec 28th 2011, 06:12

Liputan6.com, Washington: Orangtua terkadang berusaha keras agar anak-anaknya mau mengonsumsi sayuran. Jika tidak mereka suka mengkombinasikan dengan buah-buahan. Buah-buahan memang mengandung banyak vitamin dan mineral sama seperti sayur-sayuran, tetapi dalam proporsi yang berbeda.

Keduanya sangat ideal untuk anak-anak jika dicampur. Sayuran mengandung beberapa senyawa unik yang melawan kanker dan penyakit jantung, dan banyak di antaranya tidak tersedia dari buah-buahan. Sementara buah cenderung lebih tinggi di kalori dibandingkan sayuran.

Lalu bagaimana dengan anak-anak yang menghindari sayuran? Berikut tips yang menolong anak-anak Anda memakan banyak sayuran dan buah-buahan:

  • Penuh warna: Pastikan untuk terus menawarkan berbagai buah berwarna dan sayuran untuk perubahan selera anak.
  • Percobaan: Coba tambahkan sayuran yang biasanya Anda tidak biasa berikan, atau tawarkan dalam bentuk yang berbeda, atau ukuran. Lumpia dengan selada dan wortel (tidak digoreng) atau dikukus ringan edamame, (yang membuat anak-anak menikmatinya). Terkadang itu hanya masalah tekstur dibandingkan rasa.
  • Ajak ke pasar atau tukang sayur: Apakah anak Anda menemukan sayuran baru untuk dicobanya.
  • Berpetualanglah: Sayurang yang kurang dikenal seperti seledri, atau kacang polong dapat memicu patahnya minat mereka.
  • Campur dengan makanan lain: Sebuah sedikit sentuhan di persiapan makanan dapat mengubah pikiran anak Anda tentang sayuran tertentu. Misalnya, ia tidak suka brokoli, tapi mungkin suka brokoli yang dicampur dengan makanan favorit mereka. Kemungkinan lain adalah mencoba variasi lain dengan menyilangkannya.
Psikologi sayuran menyebutkan:
  1. Anak-anak tidak melewatkan setiap ucapan kita. Dan dia selalu mendengar pembicaraan Anda tentang apa yang mereka tidak suka akan meningkatkan perlawanan mereka.
  2. Jangan iming-imingi hadiah ke anak karena memakan sayur, itu akan menjadi bumerang nantinya.
  3. "Menyelipkan" sayuran ke dalam makanan adalah kontroversial, tapi jangan takut untuk menyelelipkannya. Seperti membuat roti daging dengan segala macam sayuran termasuk bawang cincang sebelum dimasak agar tidak terlihat. Masukkan daun bawang, rempah-rempah, wortel, dan zucchini.
Semua tips ini membuka peluang baru mencoba makanan baru. Kepada anak-anak kecil, Anda bahkan dapat memberitahu mereka bahwa mereka harus mencoba satu gigitan saja, tetapi jika mereka tidak suka, jangan dipaksa. Dengan lembut biarkan anak Anda tahu itu dengan mencobanya beberapa kali sebelum mereka menyukai rasanya. Jadi pastikan mereka mempertimbangkan untuk mencoba lagi lain kali saat Anda memasak sayuran.(62parent/MEL)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post