Awas, Abate Bisa Sebabkan Kanker

Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Awas, Abate Bisa Sebabkan Kanker
Dec 6th 2011, 20:29

Liputan6.com, Klaten: Apakah Anda biasa menggunakan obat bubuk abate untuk memberantas jentik nyamuk di penampungan air? Ada baiknya, mulai sekarang Anda perlu mempertimbangkan ulang kebiasaan tersebut. Langkah tersebut selain tidak efektif, juga mempunyai efek samping yang membahayakan kesehatan Anda dan lingkungan.

Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang, Dinas Kesehatan Klaten, Herry Martanto, mengatakan abate mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker dalam tubuh.

"Penggunaan abate memang diperbolehkan untuk mencegah berkembang biaknya jentik nyamuk di dalam sebuah tampungan air, tapi jika hal itu dilakukan terus menerus akan menyebabkan karsinogenik bahan kimia dalam tubuh yang menyebabkan kanker jika berlangsung dalam waktu lama," kata Herry beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, abate kerap digunakan untuk mencegah berkembangnya nyamuk demam berdarah. Namun kenyataannya, air yang mengandung obat tersebut sering digunakan untuk memasak dan gosok gigi.

" Menggosok gigi saja, air tersebut sudah pasti ada yang mengendap dalam tubuh. Apalagi kalau dipakai memasak," katanya. (Vin)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post