Jangan Tidur Bersama Bayi Anda!

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Jangan Tidur Bersama Bayi Anda!
Dec 6th 2011, 00:00

Tidur bersama dengan bayi pada satu ranjang akan meningkatkan risiko kematian bayi.

KapanLagi.com - Tidur bersama bayi dalam satu ranjang bisa menjadi pilihan bagi para ibu untuk memudahkan pengawasan dan pemberian ASI saat malam hari. Tetapi dengan berita yang dilansir laman CBC, Anda harus berpikir ulang untuk tidur dalam satu ranjang bersama bayi Anda demi keselamatannya.

Tidur Bersama, Bayi Sesak Napas

Andrée Kronstrom, seorang coroner (seorang pejabat publik yang menyelidiki kematian dengan pemeriksaan bila ada kematian yang terjadi secara tidak wajar) dari Quebec's Public Health Institute menyarankan para orang tua untuk tidak tidur bersama bayi mereka dalam satu ranjang yang sama. Jika harus sekamar, maka biarkan bayi tidur dalam kotak tidur khusus bayi.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena pada tahun 2008 hingga 2009, semua bayi usia satu tahun dan kurang dari satu tahun yang meninggal pada saat tidur terjadi saat mereka tidur di ranjang bersama orang tua mereka. Hal ini menurut Kronstrom bisa disebabkan karena bayi akan mengalami kenaikan risiko asphyxiation (sesak napas), saat tidur bersama orang tuanya.

Tidurkan di Ranjang Bayi

Ternyata hal ini sudah terjadi dalam waktu yang lama. Laporan dari laman yang sama pada tahun 2008 menyebutkan bahwa Ontario Coroner's office f melaporkan bahwa pada rentang tahun 2006 hingga 2007 terjadi kasus kematian 41 bayi usia 11 hari hingga 13 bulan yang meninggal saat tidur dalam satu ranjang yang sama dengan orang tua mereka.

Dr. Bert Lauwer, seorang associate deputy chief coroner of Ontario mengatakan pada CBC News bahwa kematian bayi-bayi tersebut terjadi karena tidur bersama akan membuat para bayi mengalami hambatan kemampuan untuk bernapas dengan lega, sehingga hal itu menjadi kemungkinan penyebab kematian para bayi.

Dengan temuan ini, tentu saja bukan menjadi hambatan kemudahan para ibu untuk memberikan ASI kepada bayi. Sama seperti Kronstrom, Dr. Lauwer juga memberi saran sekalipun para orang tua harus tidur dalam satu kamar dengan bayi, biarkan bayi tidur dalam kotak tidur bayi yang nyaman dan aman. Hindari juga tempat tidur ayun serta penambahan mainan di sekitar kotak tidur bayi. (wo/wsw)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post