KOMPAS.com - Penggunaan alamat email kantor ada etiketnya. Jangan sampai kebiasaan yang Anda lakukan dengan email pribadi terbawa saat Anda menggunakan email kantor untuk urusan pekerjaan.
* Wadah gosip.
Hindari menggunakan email kantor untuk bergosip atau curhat dengan teman-teman Anda. Selain menyita konsentrasi saat bekerja, ada kemungkinan Anda tiba-tiba salah memasukkan alamat email tujuan. Kalau pun ada hal pribadi yang ingin Anda ceritakan pada teman, sebaiknya gunakan akun pribadi dan melakukannya setelah jam kerja.
* Emoticon dan singkatan.
Terbiasa mengetik SMS dan chatting membuat kita sering lupa menggunakan bahasa yang baik, tanpa singkatan dan tanpa emoticon. Jangan sampai email yang ditujukan untuk rekan kerja atau bos menggunakan kedua hal ini.
* Gunakan subyek.
Subyek email menjadi begitu penting untuk membedakan mana hal yang bersifat santai dan mana yang butuh menjadi prioritas Anda, khususnya yang menyangkut pekerjaan.
* Kirim CV.
Pastikan Anda tidak menggunakan email kantor saat mengirim lamaran kerja dan CV kepada perusahaan lain. Selain tidak etis, kebiasaan seperti ini menimbulkan risiko seperti ketahuan atasan kalau Anda berencana pindah kantor atau sedang menjajaki kesempatan kerja yang lainnya.
(Majalah Chic/Vinny)
Editor :
wawa